Karakter Lando di Lokapala terinspirasi dari suku Bajo

Karakter Lando di Lokapala terinspirasi dari suku Bajo

Di tahun 2021 ini, game MOBA Lokapala yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan diterbitkan oleh Nuon Digital Indonesia ini sudah menghadirkan komunitas Bajo di salah satu Ksatriya mereka yang bernama Lando.

“Sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terbanyak kedua di dunia, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melindungi ekosistem dan biota laut dunia, khususnya terumbu karang. Dilaporkan bahwa terdapat lebih dari 500 spesies terumbu karang di Coral Triangle, sepertiganya berada dalam kondisi sangat memprihatinkan. Kami berharap generasi muda Indonesia semakin sadar dan peduli terhadap isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan laut nusantara di masa mendatang,” ujar Ninoi Kiling, IP & Development Lead Anantarupa Studios

Sebagai masyarakat bahari, gaya hidup dan budaya suku Bajo tidak dapat dipisahkan dari laut. Bahkan, keengganan suku Bajo terhadap laut juga sangat terlihat dalam kesehariannya. Misalnya, mereka menggunakan alat sederhana untuk menangkap ikan dan memiliki larangan membuang limbah rumah tangganya ke laut.

Mereka meyakini bahwa pelanggaran terhadap kedua hal tersebut akan mengakibatkan bencana laut, seperti B. rusaknya kelestarian laut dan ekosistem khususnya terumbu karang. Nilai-nilai kearifan masyarakat Bajo inilah yang ingin disampaikan dalam Ksatriya Lando di Lokapala.

Masyarakat Bajo awalnya adalah masyarakat bahari dengan sejarah dan asal usul yang menarik. Suku Bajo kabarnya tersebar di berbagai tempat di kawasan Asia-Pasifik, mulai dari Indonesia, Filipina, Taiwan bahkan sampai ke kawasan China.

Namun, keberadaan suku Bajo tercatat dalam sejarah sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Dalam sejarahnya, suku Bajo berperan penting dalam pengamanan wilayah laut Nusantara yang merupakan jalur perdagangan dunia.

Hal menarik lainnya adalah kondisi fisiologis suku Bajo yang berbeda dengan masyarakat lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa DNA suku Bajo memiliki adaptasi genetik seperti: B. ukuran limpa mereka yang 50% lebih besar dari populasi umum.

Limpa bertindak sebagai penyimpan cadangan darah sehingga lebih banyak darah merah dapat diserap dan dengan demikian lebih banyak oksigen yang disimpan. Hal ini memungkinkan mereka menyelam hingga kedalaman hingga 70 meter dengan durasi lebih dari 10 menit.

Sumber :

5/5 - (1 vote)